Minggu, 01 April 2018

Beberapa jenis pengobatan medis untuk melasma dan hiperpigmentasi
Dunia perawatan kulit telah membuat langkah besar dalam beberapa tahun terakhir. Ada banyak prosedur bagus yang tersedia untuk menyembuhkan hiperpigmentasi. Di bawah ini adalah beberapa prosedur yang paling populer.

1.    Hentikan penggunaan alat kontrasepsi hormonal. Hal ini karena melasma biasanya disebabkan oleh perubahan kadar estrogen dan / atau progesteron, penghentian pil kontrasepsi hormonal dan IUD seringkali dapat menjadi langkah pertama yang baik.
2.    Krim Pemutih Topikal atau Topical Bleaching Creams. Perawatan pertama yang biasa dilakukan adalah perawatan menggunakan asam topikal yang dirancang untuk menghilangkan lapisan kulit yang berubah warna. Krim ini biasanya termasuk dalam asam hidroksi. Jika Anda menginginkan produk yang dijual bebas, carilah produk yang mengandung asam kojic, arbutin, dan asam laktat.
3.    Hydroquinone. Adalah agen pencerah kulit yang sangat efektif. Ada beberapa kontroversi atas keamanannya. Pada tahun 2006, FDA menarik persetujuannya berdasarkan bukti bahwa bahan ini berpotensi menyebabkan kanker. Namun, Akademi Dermatologi Amerika tidak setuju dengan FDA. Kelompok ini bersikeras bahwa, jika digunakan di bawah pengawasan yang tepat, hydroquinone tidak menimbulkan risiko kesehatan. Krim hidroquinon dengan kekuatan 2% dijual bebas, sedangkan yang lebih pekat membutuhkan resep dokter.
4.    Retinoid. Salah satu bentuk Vitamin A yang mampu meningkatkan laju regenerasi sel-sel kulit. Sehingga sel kulit yang mati dapat lebih cepat diganti dengan sel yang lebih baru dan lebih ringan. Hanya tersedia dengan resep dokter karena risiko kesehatan pada janin pada wanita hamil. Bisa juga mengakibatkan iritasi kulit.
5.    Chemical Peel. Larutan kimia yang biasa digunakan untuk memperbaiki dan menghaluskan tekstur kulit wajah.   Larutan ini bekerja dengan cara mengangkat sel-sel mati di permukaan kulit. Kulit yang diregenerasi biasanya lebih halus dan sehat daripada kulit lama. Dilakukan di bawah pengawasan dokter kulit, pengelupasan secara kimia dapat menghilangkan bercak-bercak gelap dan membawa cahaya baru ke seluruh wajah.
6.    Mikrodermabrasi. Sebuah prosedur yang menggunakan kristal kecil untuk "sandblast" lapisan atas kulit Anda. Ini dilakukan oleh dokter kulit atau ahli bedah, yang membutuhkan anestesi lokal. Prosedur ini biasanya diulang sebulan sekali selama beberapa bulan. Dermabrasi akan menghaluskan kulit, mengurangi kerutan, pigmen, dan bekas luka.
7.    Intens Pulsed Light (IPL). Perawatan laser untuk menghancurkan melanin yang menyebabkan pigmen. Kulit akan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh laser, meninggalkan warna kulit yang lebih terang setelah perawatan. Prosedur ini lebih mahal dari yang lain dan mungkin bisa menyakitkan.
8.    Steroid. Krim steroid yang dioleskan ke daerah yang terkena dapat mengobati melasma dengan cara memperlambat proses regenerasi sel-sel kulit, yang mengarah ke pengurangan jumlah dan aktivitas sel-sel penghasil pigmen.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar