Jumat, 18 November 2016

Memilih sabun sesuai jenis kulit

Panduan untuk memilih sabun terbaik untuk jenis kulit Anda


Kita menggunakan sabun setiap hari untuk membersihkan kulit kita dan menjaganya agar tetap berkilau. Menggunakan sabun juga akan membantu dalam menjaga kulit agar tetap halus, jauh dari berbagai masalah kulit. Dengan adanya ratusan merek sabun di pasaran, maka sangat penting untuk memilih sabun yang tepat.


Tidak ada sabun yang sempurna yang cocok untuk semua orang. Karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda dan untuk itu, Anda akan harus memilih sabun yang sesuai untuk jenis kulit Anda.

Sabun untuk kulit berminyak

Kulit memproduksi sebum, yang merupakan minyak alami. Kwantitas dari produksi minyak ini berbeda dari satu orang ke orang lain. Orang-orang dengan kulit berminyak memiliki kelenjar sebaceous yang sangat banyak memproduksi sebum. Mereka menjadi lebih rentan terhadap jerawat. Orang dengan jenis kulit ini harus mencuci wajah mereka sering dan juga mencoba dan menghindari penggunaan sabun yang kuat.

Periksalah bahan baku sabun dan beli sabun yang mengandung garam laut, oatmeal atau gula merah. Sabun ini lembut untuk kulit Anda dan memiliki minyak ekstra, sehingga dapat mengurangi kerusakan pada kulitanda. Jika kulit Anda tidak terlalu sensitif maka Anda juga dapat mencoba sabun pengelupasan ringan atau mild exfoliating soap yang dapat anda gunakan 2 sampai 4 kali dalam seminggu.

Sabun untuk Kulit kering

Sebum penting untuk kulit, tetapi sekresinya tidak boleh terlalu tinggi atau rendah. Jika produksi sebum lebih rendah dari kisaran optimal, maka Anda memiliki kulit kering. Dalam memilih sabun untuk kulit kering, pastikan bahwa bahan yang terkandung dalam sabun tersebut memiliki sifat pelembab. Memilih sabun yang mengandung gliserin adalah pilihan terbaik. Gliserin memiliki sifat pelembab dan dapat menyerap air yang ada di udara. Hal ini akan menjaga kelembaban kulit Anda untuk waktu yang lama. Anda juga dapat memilih sabun yang mengandung minyak nabati, cocoa butter, lidah buaya, minyak kelapa, minyak jojoba dan alpukat.

Sabun untuk Kulit sensitif:

Jika Anda memiliki kulit sensitif, maka Anda beruntung. Ada banyak sabun yang tersedia di pasaran untuk kulit sensitif. Anda hanya harus memastikan bahwa sabun yang Anda pilih memiliki tingkat pH yang seimbang, tidak ada pewarna atau parfum di dalamnya.

Sabun untuk Kulit kombinasi:

Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang memiliki kedua sifat yang berbeda, yaitu kering dan berminyak. Jika Anda memiliki jenis kulit tersebut, maka Anda harus menghindari sabun yang diproduksi secara khusus untuk kulit berminyak atau untuk kulit kering. Sabun untuk kulit berminyak membuat bagian-bagian kulit yang berminyak menjadi lebih berminyak dan sabun kulit kering membuat bagian kulit yang kering menjadi lebih kering. Sabun Gliserin atau Glycerin soaps adalah pilihan yang baik untuk orang dengan kulit kombinasi.

Sabun untuk Kulit normal:

Jnis kulit ini berlawanan dengan kulit kombinasi. Kulit normal tidak terlalu kering atau tidak terlalu berminyak. Jadi Anda harus menghindari penggunaan sabun kulit kering dan sabun kulit berminyak. Pilihan idealnya adalah sabun herbal.

Berikut ini adalah daftar dari jenis sabun yang harus dihindari oleh semua jenis kulit:

  • Hindari sabun dengan kandungan asam yang tinggi atau nilai pH yang tinggi.
  • Sabun yang memiliki terlalu banyak bahan kimia juga harus dihindari.
  • Jangan mencoba sabun yang menjanjikan hasil 100 persen karena biasanya memiliki terlalu banyak bahan kimia di dalamnya.
  • Hindari sabun dengan terlalu banyak aroma.

Jadi, Anda harus selalu memilih sabun berdasarkan jenis kulit Anda. Ingatlah untuk hanya mencoba sabun yang dibuat untuk jenis kulit Anda. Mengabaikan pemilihan sabun yang baik untuk kulit dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada kulit Anda yang indah berkilau.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar