Sabtu, 02 Mei 2015

Cara mencegah keriput sejak dini

15 cara sederhana mencegah keriput


Selain menggunakan teknologi mutakhir untuk mengatasi keriput, sebenarnya anda juga bisa mencegah timbulnya keriput dengan cara cara yang sederhana.

Apa saja yang bisa anda lakukan untuk mencegah keriput?

1. Rileks dan tidak terlalu banyak menggunakan otot wajah untuk berekspresi secara berlebihan. Kebiasaan kebiasaan tertentu juga bisa membuat seseorang mudah berkeriput. Misalnya terlalu sering mengernyitkan dahi, sering marah, tertawa terbahak-bahak, sedih, pemikir dan tersenyum bisa menimbulkan kerutan di daerah ekspresi di wajah. Kerutan keluar sesuai dengan ekspresi harian yang dilakukan. Oleh karena itu, semakin ekspresif seseorang maka kulitnya akan semakin mudah berkerut.

2. Hindari terkena paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari secara langsung terutama pada pukul 9.00 hingga 16.00. Untuk aktivitas di siang hari, diperlukan penggunaan good spectrum sunblock untuk anti UV-A dan anti UV-B yang harus diaplikasikan 30 hingga 60 menit sebelum terpapar sinar matahari  dan minimal SPF 15+. Selain menggunakan sunscreen bisa ditambahkan dengan pelindung lain seperti topi yang lebar atau payung.

3. Minum cukup air untuk menghindari dehidrasi, minimal 18 atau 2 liter per hari. Air sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Setiap hari sebaiknya minum air mineral 2 liter atau 8 gelas. Kekurangan cairan bisa menyebabkan penuaan dan timbulnya keriput menjadi lebih cepat, karena air mampu memberikan kelembaban pada kulit.

4. Menggunakan pelembab pada pagi dan malam hari secara rutin. Pelembab wajah digunakan untuk mencegah hilangnya air dari kulit, melembutkan dan menghaluskan kulit wajah sehingga memperlambat timbulnya keriput.

5. Menggunakan perawatan kulit seperti krim pagi dan krim malam serta serum dan lotion. Biasanya untuk krim malam menggunakan tretinoin atau turunan vitamin A yang berguna untuk peremajaan kulit atau rejuvenation. Bahan lain yang dapat digunakan adalah asam kojic, arbutin, vitamin c dosis tinggi, dan juga hidrokinon di bawah pengawasan dokter serta hyaluronic acid.

6. Membersihkan wajah secara rutin. Sebaiknya bersihkan wajah pada pagi dan malam hari. Bersihkan wajah dengan benar, yaitu dengan menggunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Sebaiknya menggunakan air dingin karena air hangat / panas dapat membuat pori-pori kulit melebar dan kulit menjadi kering, dan jangan menggosok kulit wajah terlalu keras karena dapat mengiritasi kulit.

7. Memakai kosmetik seperlunya terlalu sering memakai kosmetik dekoratif seperti two day cake, bedak compact,  foundation dan lain lain bisa menutup pori-pori.

8. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti tepung dan gula, Gantilah dengan mengkonsumsi protein yang cukup.

9. Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang sebagai panduan dalam memilih jenis makanan, dan jangan makan terlalu berlebihan.
Karbohidrat seperti nasi atau kentang jumlahnya 50 sampai 60 persen dari kebutuhan kalori
Protein jumlahnya 20 sampai 30 persen dari kebutuhan kalori harian
Lemak 10 sampai 20 persen
Mineral dan vitamin, sebagai pelengkap dari kebutuhan makanan. Karena jika unsur vitamin dan mineral tidak tercukupi, akan mengakibatkan ketidak seimbangan metabolisme tubuh.

10. Hindari rokok dan minuman yang mengandung alkohol.

11. Sebisa mungkin hindari stress.

12. Olahraga yang cukup. Lakukan olahraga selama 30 menit, minimal 3 kali sehari. Olahraga akan mempengaruhi metabolisme tubuh agar tetap terjaga dengan baik.

13. Tidur yang cukup. Waktu tidur yang baik kurang lebih 8 jam perhari. Karena kurang tidur dapat menyebabkan warna kehitaman di sekitar mata, terutama di bawah mata.

14. Lakukan facial dan gunakan masker anti-aging 2 minggu sekali.

15. Lakukan perawatan wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan-bahan kimia, seperti pewarna, pengawet dan pewangi. Lakukan pemijatan ringan pada wajah untuk melancarkan peredaran daran kulit, sehingga aliran oksigen juga menjadi lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar